Assalamu'alaikum Ukhti/Akhi...! Selamat membaca dan mohon berikan komentar.

Minggu, 15 Juli 2012

Kecantikan Wanita dalam AL Qur’an dan Islam

Setiap wanita pasti tak lepas dari  keinginan untuk selalu terlihat cantik. Namun apakah makna dari cantik itu sebenarnya? Kebanyakkan dari wanita  memakanai cantik itu seperti bintang iklan sabun mandi atau artis di televisi tapi kebanayakkan wanita tidak mengetahui makna cantik sebenarnya menurut Al Qur’an dan Islam.

Mari bersama kita mengetahui apa itu cantik menurut Al Qur’an dan Islam.
Menurut buku Ensiklopedi kata-kata Al Qur’an AL Karim yang di keluarkan oleh Dewan Bahasa Arab,Kecantikan di maknai dengan keanggunan,kehalusan dan keelokan.
Ada juga yang mengartikan kecantikan dalam kasad mata yaitu hal yang indah yang dapat membuat seseorang menjadi suka dan mencintai.

Kecantikan tidak hanya di berikan kepada manusia saja tetapi kepada segala sesuatu di alam raya ini dari ciptaan ALLAH yang indah termasuk di dalamnya hewan dan tumbuhan.Bukan pada alam semesta dan isinya saja kecantikan dapat diberikan tapi juga kepada sifat manusia,akhlak dan tabiatnya serta tutur katanya yang indah.

Nah,bagaimana kecantikan dalam pandangan islam?

Islam adalah agama yang menyeru pada kecantikan dan keindahan. Dimana kecantikan itu berupa kecantikan maknawi yaitu kecantikan berupa jiwa,akhlak,sifat dan sikap.
Karena itu dapat kita lihat di dalam Al Qur’an Al Karim kecantikan wajah atau penampilan fisik pria ataupun wanita jarang disebut,kecuali hanya dua kali saja. Pada penyebutan pertama ALLAH memperingatkan Rasulullah untuk tidak tertipu pada kecantikan fisik orang-orang munafik karena penampilan seseorang tidak mencerminkan siapa dirinya.

Seperti dalam firman ALLAH AZZA WA JALLA:”Dan apabila kamu melihat mereka,tubuh-tubuh mereka membuatmu kagum. Dan jika mereka berkata-kata,kamu mendengarkan mereka. Mereka seakan-akan  kayu yang tersandar.” (QS.Al Munafiqun:4)

Penyebutan yang kedua pada firman ALLAH: ”Tidak halal bagimu menikahi wanita-wanita sesudah itu dan tidak boleh (pula) mengganti mereka dengan istri-istri (yang lain),meskipun kecantikan mereka menarik hatimu,kecuali wanita-wanita (hamba sahaya) yang kamu miliki. Dan ALLAH Maha mengawasi segala sesuatu.” (QS.Al Ahzab:52)

Maksud dari ”kecantikan mereka” adalah keindahan dan kecantikan Rupa dan fisik wanita.
Al Hasan dan Asy Sya’abi mengatakan bahwa kecantikan yang di maksudkan ALLAH dalam ayat diatas adalah kecantikan yang tersirat pada wajah wanita bangsawan Quraisy yang bernama Asma binti Amis.

Asma binti Amis adalah istrti dari Ja’far bin Abi Thalib yang suaminya mati syahid. Kecantikan wajah beliau sangat terkenal di kalangan kaumnya sehingga Rasulullah Saw berkeinginan untuk menikahinya setelah beliau memperdalam keimanan wanita itu.

Rasulullah begitu terpesona dengan kecantikannya dan berkeinginan memperistrinya.
Untuk menikahinya Rasulullah akan menceraikan salah seorang istrinya,namun ALLAH Ta’ala melarang beliau menceraikan salah seorang istrinya agar dapat menikahi Asma.

Ketika ALLAH menyebut cantik Hiasan dalam Al Qur’an, ALLAH menyebut sebagai sifat bidadari: ”Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik.” (QS.Ar Rahman:70)

Kecantikan hiasan haruslah di dahului dengan kecantikan ”Khairaat” agar kita wanita tahu bahwa seorang wanita yang baik adalah wanita yang memiliki kecantikan sifat dan akhlak lebih baik dari pada wanita yang memiliki kecantikan fisik dan rupa semata. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa dalam Al Qur’an ALLAH tidak memberikan patokan khusus pada kecantikan fisik dan rupa bagi wanita ataupun pria.

Seperti pada Hadits Rasulullah berikut ini: ”Sesungguhnya ALLAH tidak melihat kepada bentuk rupa dan harta kalian,tapi ia melihat hati dan amal kalian.” (HR.Muslim,Ahmad dan Ibnu Majah)
Dalam Hadits lain Rasulullah mengatakan bahwa wanita shalehah adalah sebaik-baik perhiasan dunia. Dari Amr ibnu ra : ”Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhisannya adalah wanita shalehah.” (HR.Muslim,Ibnu Majah dan An Nasai)

Jadi kecantikan dalam Al Qur’an dan Islam bukan di lihat pada kecantikan fisik dan Rupa semata tapi lebih pada kecantikan Sifat,tabiat,kebaikan hati dan akhlak seorang wanita. Wanita tidak perlu takut tidak cantik karena setiap wanita itu cantik dan indah apabila mempunyai akhlak yang indah pula,buat apa rupa dan fisik kita cantik tapi hati tidak cantik karena kecantikan fisik dan rupa akan hilang seiring waktu dan usia berlalu terkecuali bagi yang Surgary mungkin kecantikannya bertahan tapi apa ada orang yang mau dengan yang palsu?
Kecantikan Akhlak dan kebaikan hati tidak akan pernah hilang walau di makan waktu dan usia dia akan tetap abadi.

Jadi seperti lagunya girlband yang sedang di gandrungi remaja saat ini ”Kamu cantik..cantik dari hatimu”.

26 komentar:

rizky s. fitri mengatakan...

okeeeeeeeeeeyyyyyyyyy , aq setuju itu dan aq haruz meniru itu !!!!!!!!!!!!!!! siiip pokox.na !!///

Unknown mengatakan...

semoga tulisannya bermanfaat buat semua yang membaca..Aamiin

Obat Tradisional Kanker Payudara mengatakan...

wanita solehah , aku sangat mengidamkannya ..

kiki mengatakan...

Semoga bisa menjadi muslimah yang cantik dengan hati yang cantik pula

Unknown mengatakan...

wajah cantik memang perlu..
tapi gak mesti wajib utk jadi target utama bgi cowok dlm mnjadikannya pendamping hidup.
yang mnjdi target utama adalah Akhlaknya..Okey Ladies..

nae mengatakan...

mudah_mudahan bisa jadi wanita soleha baik wajah maupun hati....

amanda anna mengatakan...

Semoga wanita islam semua menjaga kecantikannya..

Unknown mengatakan...

bila wanita berkulit hitam di caci kaena warna kulitnya ,, maka saat inilah saat tepat untuk kita bangkit . pusatkan mata pada allah .Dan biarkan Alloh yang kan melihat betapa cantiknya kita sesungguhnya ...

Atie A. Razak mengatakan...

Assalamualaikum....
Kecantikan itu milik Allah SWT... tq for the info...
http://globaladshare.com/index.php?spon=atie

Unknown mengatakan...

Jangan lupa like FP Catatan Ringan seorang muslimah di facebook yaa.. Syukron katsiron

Unknown mengatakan...

Jangan lupa like FP Catatan Ringan seorang muslimah di facebook yaa.. Syukron katsiron

Unknown mengatakan...

Ya..wanita n cantik itu sgt sinonim..jemput ke blog sy..pastinya anda akn kelihatan btmbh cantik d mata suami
http://hairunissajopri.blogspot.com/2014/09/jatuh-cinta-dengan-kolagen.html?m=1

Unknown mengatakan...

mkasih infonya
Cara Merawat wajah

Aquarius mengatakan...

seorang teman berkata aku menjadi saleh karena istriku seorang yang saleh. lalu aku tanya bagaimana jika istrimu bukan orang yang saleh? dia menjawab sebagai seorang lelaki tidak terjamin aku tidak akan berselingkuh,...woow!

Aquarius mengatakan...

seorang teman berkata aku menjadi saleh karena istriku seorang yang saleh. lalu aku tanya bagaimana jika istrimu bukan orang yang saleh? dia menjawab sebagai seorang lelaki tidak terjamin aku tidak akan berselingkuh,...woow!

Tin mengatakan...

bagus..lagi cari artikel kayak gini..ijin copas ukh

Ummi Jual Vitamin mengatakan...

Wah.. Perkongsian yang sangat menarik. Tq admin.. Promosi Hebat Untuk September 2015.

WQA INDONESIA mengatakan...

Terima kasih
Sangat bermanfaat

DS
Training Auditor

Unknown mengatakan...

masyaallah.. wahai saudariku jadilah sebaik-baiknya perhiasan dunia :D

Unknown mengatakan...

Syukron
Saya sangat setuju👍👍👍

Moci mengatakan...

artikelnya bagus banget, makasih ukhti..

Unknown mengatakan...

Brooo, definisi kecantikan itu meliputi Fisik & Spiritual. Ibaratnya Sepeda Motor pasti punya 2 Ban, apabila salah satu ban hilang, maka tidak sempurnalah motornya. seperti itulah perumpamaan bahwa kecantikan wanita sejati harus meliputi 2 aspek tersebut

Unknown mengatakan...

Brooo, definisi kecantikan itu meliputi Fisik & Spiritual. Ibaratnya Sepeda Motor pasti punya 2 Ban, apabila salah satu ban hilang, maka tidak sempurnalah motornya. seperti itulah perumpamaan bahwa kecantikan wanita sejati harus meliputi 2 aspek tersebut

Sepeda mengatakan...

Thx infonya

www.Go-Global.com mengatakan...

nafsirkan Al-qur'an asal aja nih, baca kitab bulughul marom, Nabi menyarankan menikahi melihat tubuhnya menarik gpp, inti daroi qur'an yg kalian bahas itu jangan sampai cantik tapi non muslim, n kalau muslim ya gpp

Anonim mengatakan...

Cantik luar dalam

Posting Komentar